PAI adalah ruh dari sebuah madrasah. Bila ruh tersebut telah terbina dengan baik maka dapat  mengembangkan pendidikan menjadi madrasah yang berkualitas.  Salah satu cara pembinaan  dan memotivasi  tumbuhnya kesadaran diri  siswa mempelajari Pendidikan Agama Islam  adalah dengan mengikuti olimpiade PAI. Demikian juga  MAN I Banyumas  tidak mau kalah bersaing dalam hal prestasi  di Olympiade PAI.

Siswa MAN 1 Banyumas  atas nama Ahmad Ardani, kelas XII Keagamaan berhasil meraih juara 2  dan Hafidhotul Mar”ah kelas XII Keagamaan juara harapan 2 dalam  Event Olympiade PAI Barlingmascakep  yang diselenggarakan oleh yang di selenggarakan oleh UIN Saizu Purwokerto  5 September 2021. Tahun ini mengambil  tema “Meningkatkan kualitas  keilmuan Islami dan Kreatifitas Di Era Pandemi.”

Keberhasilan MAN I Banyumas  tidak terlepas dari upaya yang telah dilakukan oleh pihak madrasah dalam membimbing dan membina siswanya terutama guru pembina antara lain  Bapak Muhammad Firdaus S.Ag. M.Pd.I, Ibu Ninung Saefunah, S.Ag. M.Pd.I dan  Ibu Durotul Khasanah. S.Ag , Mereka semua merupakan guru utama bidang studi agama yang penuh dedikasi dan perjuangannya mengantarkan siswanya mendapatkan juara.

Olympiade di ikuti 127 peserta  tingkat SMA/SMK/MA se Barlingmascakep.  Kompetisi terdiri dari  empat babak. Pertama penyisihan online dan terjaring 30  peserta, babak kedua peserta diuji dengan tes tulis secara ofline dan terjaring 16 peserta. Babak ketiga  merupakan babak yang menegangkan karena peserta harus tes secara lisan dan hanya diambil 4 peserta dan untuk final penentuan juara 1,2,3 dan harapan dilakukan dengan bentuk LCC.

Kepala Madrasah Bapak Drs. H Imam Sayoga sangat mengapresiasi prestasi dan menyampaikan  keberhasilan tersebut menunjukan MAN I Banyumas  adalah salah satu madrasah  yang telah mampu menunjukan kemampuan, kualitas dan prestasinya di tingkat karsidenan banyumas.  Dan kedepan  semoga di kemudian hari terus mendulang prestasi hingga tingkat nasional.