Banyumas: (MAN I Banyumas) Upacara memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke – 76 yang dilaksanakan di MAN I Banyumas,  berjalan dengan khidmat dan lancar.  Dan kali ini 3 Januari 2022 untuk tiga  kalinya MAN I Banyumas mendapat amanah menggelar upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag Kabupaten Banyumas. Hadir dalam upacara Bupati Banyumas, Ir. Akhmad Husein sebagai  Inspektur upacara, dan dihadiri oleh Kepala Kankemenag Banyumas, Kasubbag TU, seluruh Kasi dan Gara, PPAI, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, para penyuluh agama hingga guru di lingkungan kemenag.

Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein dalam penyampaian pidato Menteri Agama bahwa Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya. Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.,” kutip Achmad Husein.

Kankemenag Banyumas, Drs. H. Akhsin Aedi M.Ag selaku ketua panitia HAB mengajak seluruh jajaran Kankemenag Banyumas untuk senantiasa melaksanakan kewajiban dengan penuh keiklasan professional dalam   pelayanan umat, sesuai dengan tema HAB Kemenag k-76 yaitu “ Transformasi Layanan Umat”   selain itu juga menyampaikan berbagai prestasi gemilang  Kankemenag Kabupaten Banyumas.

“  dalam kegiatan  sosial kemasyarakatan, kami melaksanakan  penyaluran dana  UPZ sekitar 315 juta kepada yang berhak, kemudian juga  dari hasil kegiatan pengumpulan donasi tanggap bencana kami juga telah menyalurkan  sumbangan  terhadap  sudara saudara kita yang berdampak bencana Semeru,” katanya.

Kepala MAN I Banyumas, Drs. Imam Sayoga melalui Ka TU, Taufik S.Pd menjelaskan untuk melengkapi kegiatan kemasyarakatan dan sosial Kemenag Banyumas, MAN 1 Banyumas menyerahkan secara simbolik penggalangan dana dari siswa siswi MAN I  Banyumas sebesar  5.191.218 yang diserahkan langsung oleh siswi kepada Kankemenag Kabupaten Banyumas,” tuturnya. (und)