MASA TAARUF SISWA MADRASAH ( MATSAMA) MAN I BANYUMAS SECARA VIRTUAL

MAN I Banyumas  mengawali  proses pembelajaran tahun ajaran baru  2021/2022 dengan mengadakan tes peminatan  guna pemetaan model pembelajara dan masa orientasi dan pengenalan lingkungan madrasah atau dikenal  masa Matsama.  Tes peminatan dan Matsama ini diikuti oleh sebanyak 468  peserta didik kelas X dan  dilaksanakan dengan  tetap melalui daring Sabtu  sampai Rabu 10, 12 , 13, 14 Juli 2021.

Dalam pembukaan secara  live streaming Drs. H. Imam Sayoga selaku kepala madrasah menyampaikan bahwa matsama sangat penting dalam mengenalkan lingkungan madrasah, menggali potensi-potensi anak, dalam rangka mencetak generasi  yang cerdas secara akal, tetapi matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an.   Disamping itu peserta didik baru akan dikenalkan sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.  Dilanjut dengan pengisian materi kurikulum oleh waka bidang akademik Bapak Bangkit Tri Handoko yang intinya memotivasi peserta didik supaya lebih bersemangat dalam pembelajaran dan tidak terpengaruh oleh kondisi Covid 19. Dan mengikuti jejak  perstasi kakak kelas  yang sekarang melanjutkan studinya di peguruan tinggi favorit seperti UGM dan UI.

Langkah  teknis pelaksanaan Matsama menggunakan aplikasi zoom melalui hp android, laptop yang terhubung dengan internet dan didampingi oleh masing-masing wali kelas . Dan selama pelaksanaan, seluruh peserta wajib hadir secara online, mengenakan seragam asal sekolah dengan rapi dengan tertib dan disiplin.  Kegiatan Matsama ini terbagi atas 13 kelas yang masing-masing kelompok didampingi oleh 1 guru wali kelas dan lab. komputer sehingga  memudahkan pelaksanaan Matsama sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Menurut Bapak Setyo Sumarso selaku waka Kesiswaan matsama ini bertujuan untuk  mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter MAN I Banyumas  agar nantinya  dalam proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

Hal ini didukung oleh Bapak Muhammad Firdaus M.Pd.I sebagai  Pembina OSIM MAN I Banyumas yang menyampaikan  bahwa Matsama akan  mampu menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar dan mencintai serta menjaga nama baik almamaternya.. Materi matsama disampaikan oleh Bapak Ibu Guru melalui daring dengan materi antara lain  wawasan kemadrasahan, empat pilar kebangsaan, kurikulum MAN I Banyumas, Moderasi beragama, Dinamika kelompok,  Ukhuwah Islamiyah,  Kreatifitas Remaja Islam, Implementasi PAI di Madrasah,  Membangun Karakter,  Kenakalan remaja dan di  akhiri dengan evaluasi secara daring.