Undri Mursiyam, S.Pd
Guru Sejarah MAN I Banyumas
Belajar merupakan proses kasih sayang guru dan peserta didik. Belajar bukan berorientasi pada hasil tetapi lebih pada proses. Dalam proses belajar menghasilkan perubahan perilaku dan kemampuan peserta didik. Namun proses ini dijalani tanpa berpikir panjang manfaat dari belajar itu sendiri. Akibatnya peserta didik dalam menyelesaikan pendidikannya tidak dapat mengimplementasikan proses belajar di sekolah dalam kehidupan. Sejarah sebagai mata pelajaran di madrasah memiliki peranan penting, baik membentuk peserta didk menjadi berkualitas dan terapannya dalam kehidupan, sejarah merupakan sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis dan sistematis.
Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah terutama di MAN I Banyumas menuntut siswa mampu berpikir sejarah secara sinkronik, diakronik, kronologis, dan periodik. Sementara sejarah dianggap pelajaran hafalan, membosankan, kurang aktif dan kurang termotivasi. Kondisi seperti ini menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Guru harus menyajikan pembelajaran yang menarik.
Penyajian pembelajaran yang menarik adalah Everyone Is A Teacher Here. Menurut E Mulyasa 2004 Everyone Is A Teacher Here merupakan strategi peningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, meliputi aspek, kemampuan mengemukakan pendapat, mengenal masalah, menuliskan pendapat-pendapatnya setelah melakukan pengamatan, dan menyimpulkan. Penerapan every one is a teacher here dimulai dari guru mempersiapkan materi, peserta didik ditugaskan untuk membaca dan membuat sebuah pertanyaan dari materi. Pertanyaan dibuat di kartu yang telah dituliskan nomor absensi. Kartu pertanyaan dikumpulkan dan dibagikan kembali ke peserta didik secara acak. Selanjutnya, peserta didik diberi tugas untuk melakukan presentasi dengan membaca pertanyaan dan menjawab, peserta didik lain memberikan tanggapan. Guru pada tahapan ini dapat mengevaluasi dan memberikan penilaian.
Dari proses pembelajaran sejarah melalui every one is a teacher here , peserta didik belajar mengungkapkan pendapat dan tanggapan. Situasi belajar menyenangkan, semua terlibat dan bersemangat, saling menjelaskan dan menangggapi secara sistematis. Materi Bab 2 pada kelas XII menjadi materi yang menarik sehingga meningkatkan, hasil belajar peserta didik .