TURNAMEN OLAH RAGA DAN DONOR DARAH MENGAWALI RANGKAIAN ACARA MANZAFEST DI HARI PERTAMA

Dalam rangka memeriahkan HUT yang ke 62, MAN 1 Banyumas menggelar turnamen bola voli dan tenis meja tingkat SMP/MTs/sederajat pada Senin (30/9/2024) sebagai kegiatan hari pertama pada rangkaian acara MANZAFEST. Bertempat di lapangan voli dan aula Gelora Prestasi MAN 1 Banyumas, kejuaran itu diikuti oleh 8 tim putra dan 8 tim putri untuk cabang bola voli serta 17 peserta putra dan 14 peserta putri untuk cabang tenis meja dari berbagai SMP/MTs se Banyumas Raya.

Penanggungjawab turnamen bola voli Alfian Suhendro, S.Pd. mengatakan, turnamen bola voli dan tenis meja ini digelar dalam satu hari dengan pembagian untuk pertandingan bola voli bertempat di lapangan voli dan pertandingan tenis meja di aula Gelora Prestasi. “Turnamen ini merupakan yang pertama kali digelar di MAN 1 Banyumas sebagai salah satu acara dari kegiatan MANZAFEST dalam rangka HUT MAN 1 Banyumas. Adapun peserta paling jauh berasal dari Bukateja Purbalingga.”

Imam Nur Fajar, S.Pd. selaku Koordinator Kegiatan mengatakan “Kami mencoba untuk memberikan wadah di bidang olahraga kepada bibit-bibit unggul mengingat di MAN 1 Banyumas memiliki Kelas Khusus Olahraga (KKO), dengan harapan para atlet tersebut tertarik untuk melanjutkan sekolah di MAN 1 Banyumas,”

Selain itu, H. Jahroni selaku Kepala MAN 1 Banyumas dalam sambutannya pada apel pembukaan menyampaikan bahwa kompetisi olahraga tersebut diharapkan ikut memperkuat citra MAN 1 Banyumas di kalangan SMP/MTs se-Banyumas Raya . “Tentunya kami ingin dikenal masyarakat luas khususnya di kalangan SMP/MTs bahwa MAN 1 Banyumas tidak hanya hebat di bidang agama, tetapi kami juga ada potensi di bidang olahraga dengan adanya perhatian khusus melalui Kelas Khusus Olahraga (KKO),” ujarnya.

Pelatih bola voli dari Gumelar M. Safari, S.Pd., mengapresiasi penyelenggaraan turnamen bola voli dan tenis meja tersebut. “Kebetulan turnamen ini untuk tingkat SMP/MTs, jadi untuk mengembangkan kemampuan sejak dini sangat baik. Selain menambah pengalaman, kami bisa mengukur peta kekuatan di usia SMP itu seperti apa, secara keseluruhan bagus,” ucapnya. Safari melanjutkan bahwa untuk mengikuti turnamen tersebut, timnya perlu mempersiapkan diri selama beberapa kali latihan. Para atlet yang masih bersekolah itu mesti menyisihkan waktu luangnya untuk berlatih 2-4 kali dalam seminggu. “Harapannya untuk kompetisi seperti ini bisa sering ditambah, baik event se-Banyumas Raya maupun se-provinsi,” tambahnya.

Di hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan donor darah oleh PMR Perwira CONAN MAN 1 Banyumas yang bekerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Banyumas. Sejumlah peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Banyumas turut berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian acara pada MANZAFEST dalam rangka HUT MAN 1 Banyumas yang ke 62. Di sela-sela kesibukan para peserta didik, guru maupun karyawan ternyata tetap banyak yang menyempatkan untuk berpartisipasi,” jelas Seksi Kesehatan sekaligus pembina PMR, Hj. Undri Mursiyam, M.Pd. “Kami menyadari betapa pentingnya kegiatan donor darah ini bagi kemanusiaan dan bagi kesehatan pendonor sendiri. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di MAN 1 Banyumas yang bekerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Banyumas,” imbuhnya.

Ketua Panitia Sujarwo Eko Wibowo, S.Pd. juga menyampaikan harapannya, semoga rangkaian acara MANZAFEST dalam rangka HUT MAN 1 Banyumas selama sepekan ke depan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. “Kami berharap seluruh kegiatan dalam MANZAFEST bermanfaat, dapat memicu kreativitas, inovasi dan prestasi peserta untuk mewujudkan masa depan yang cemerlang, dan dari Banyumas menginspirasi Indonesia,” pungkasnya.

LINK FOTO KEGIATAN :
https://www.facebook.com/man1Banyumas/posts/pfbid033oqHaQ9wMKpJvFstqxqUdgsJrs2d1GChwjhDwWyPkqnDs29rBdxkfXKTNb79oqY4l