MAN 1 Banyumas Terpilih Sebagai Salah Satu Sampel Untuk Program PISA 2025

Humas MAN 1 Banyumas – Kepala MAN 1 Banyumas, H. Jahroni, M.Pd.I., bersama proktor madrasahnya, telah mengikuti kegiatan Sosialisasi Main Survey PISA 2025 yang dilaksanakan di Hotel Grand Mercure, Jakarta. Acara ini berlangsung dari 22 hingga 24 Agustus 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pen-didikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendi-dikan (BSKAP) Pusat Asesmen Pendidikan.

Programme for International Student Assessment (PISA) adalah program asesmen internasional yang bertujuan mengukur literasi membaca, literasi matematika, dan literasi sains siswa di berbagai negara. Pada tahun 2025, MAN 1 Banyumas terpilih sebagai salah satu sampel untuk program tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan sekolah atau madrasah terkait berbagai aspek teknis yang diperlukan dalam pelaksanaan PISA. Beberapa hal yang menjadi fokus utama adalah kesiapan website, jaringan internet, dan perangkat komputer yang akan digunakan dalam asesmen.

Para pemateri dalam kegiatan ini meliputi Kepala BSKAP Kemendikbudristek, Kepala Pusat Asesmen Kemendikbudristek, Direktur KSKK Madrasah, serta beberapa fasilitator lainnya. Mereka memberikan wawasan men-dalam mengenai prosedur dan persiapan yang harus dilakukan oleh institusi pendi-dikan untuk menghadapi survei internasional ini.

H. Jahroni, M.Pd.I. Selaku kepala MAN 1 Banyumasmenyatakan harapannya agar dengan terpilihnya MAN 1 Banyumas sebagai sampel PISA 2025, madrasah dapat mempersiapkan diri lebih awal. Ia menekan-kan pentingnya perubahan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, menjauhkan metode ceramah yang dominan, dan memberikan kesempatan lebih luas bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuannya. “Dengan penekanan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, kami berharap siswa dapat lebih aktif dalam meningkatkan literasi membaca, matematika, dan sains mereka, tanpa me-ngabaikan aspek karakter,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dorongan dan bimbingan yang diperlukan untuk memfasilitasi persiapan MAN 1 Banyumas dan memastikan kelan-caran pelaksanaan PISA 2025. (eko)