Pelaksanaan ANBK di MAN 1 Banyumas Tahun 2024 Berjalan Lancar

Humas MAN 1 Banyumas, – Bertempat di Laboratorium Komputer, MA Negeri 1 Banyumas melaksanakan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin-Selasa, 19-20 Agustus 2024, Program evaluasi mutu pendidikan ini diikuti oleh 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang mewakili dari total 1.501 peserta didik MAN 1 Banyumas. Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2024 di MAN 1 Banyumas menjadi salah satu bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di tingkat Madrasah Aliyah.

Asesmen Nasional merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pen-didikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program ini bertujuan untuk mengevaluasi berbagai aspek pendidikan, termasuk literasi bahasa, literasi numerasi, serta survei lingkungan belajar dan lainnya. Dengan adanya Asesmen Nasional, diharapkan akan muncul data yang berguna untuk pemetaan dan penyusunan kurikulum sekolah/madrasah yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Pengawas Penma Kankemenag Kabupaten Banyumas H. Amin Yuhdi, S.Pd., M.Pd.I., juga memantau pelaksanaan ANBK di MAN 1 Banyumas. Setelah memonitoring kegiatan ANBK beliau juga melakukan monev terhadap dokumen kurikulum madrasah serta perangkat pembelajaran yang digunakan oleh para guru. “Pelaksanaan ANBK di MA Negeri 1 Banyumas telah berjalan dengan lancar. Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap dokumen kurikulum dan perangkat pembelajaran untuk memastikan bahwa semua aspek pendidikan telah dipenuhi sesuai standar,” ujar H. Amin Yuhdi.

Kepala MAN 1 Banyumas, H. Jahroni, M.Pd.I, menyatakan, “Kami berharap dengan diadakannya Asesmen Nasional ini, nilai raport madrasah dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk pemetaan dasar penyusunan kurikulum madrasah. Asesmen Nasional memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang literasi dan numerasi serta aspek-aspek pendidikan lainnya yang akan membantu kami dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.”

Sementara itu, Bangkit Tri Handoko selaku Waka Bidang Akademik menambahkan bahwa hasil dari Asesmen Nasional ini akan menjadi acuan penting dalam penyusunan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan pendidikan terkini. Dengan data yang diperoleh dari Asesmen Nasional, madrasah diharapkan dapat lebih efektif dalam merancang strategi pembelajaran yang mendukung pencapaian standar pendidikan yang lebih baik.

Pelaksanaan Asesmen Nasional di MAN 1 Banyumas berjalan dengan lancar, dan diharapkan hasil dari Asesmen Nasional ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan madrasah secara khusus dan sekolah secara umum. (eko)