Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di MAN 1 Banyumas Berlangsung Khidmat

Humas MAN 1 Banyumas ,- MAN 1 Banyumas merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 dengan menggelar upacara bendera di Lapangan Upacara MAN 1 Banyumas pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Upacara ini diikuti oleh seluruh Civitas Akademik MAN 1 Banyumas.

Peringatan HUT ke-79 RI tahun ini, tema perayaan HUT RI adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju,” yang mencerminkan tekad kita untuk membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga dengan semangat “Nusantara Baru,” kita dapat terus bekerja sama untuk mewujud- kan Indonesia yang lebih baik dan berdaya saing global. Marilah kita bersama-sama menjadikan hari ini sebagai titik awal untuk pencapaian besar di masa depan. Kita teguhkan komitmen kita untuk memajukan negeri ini dengan semangat kebersamaan dan inovasi. Kita harus terus berupaya agar setiap sudut Nusantara merasakan manfaat dari pembangunan yang berkelanjutan.

Bertindak sebagai pembina upacara H. Jahroni, M.Pd.I selaku Kepala MAN 1 Banyumas menekankan pentingnya semangat kemerdekaan dan persatuan dalam menghadapi tantangan masa depan. Ia mengajak seluruh peserta upacara untuk terus menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa.

Reihana Fatia Zahra kelas X 2, anggota Paskibra Gardamas (Pasukan Pengibar Bendera Garuda Muda MAN 1 Banyumas) yang bertugas sebagai pembawa baki selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. Adapun Paskibra lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Fixel Dwi Saputra kelas X 2 sebagai pembentang bendera, Andika Saba Prawira kelas X 3 sebagai pengerek bendera dan Fauzan sandya Wibowo kelas X 1 sebagai Komandan Pasukan 8. Sementara Rahmat Irfansyah kelas XI 6 bertindak sebagai pemimpin upacara.

Pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Paduan Suara MAN 1 Banyumas, berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibra Gardamas.
Mereka menunjukkan kepiawaian mereka dalam menjalankan tugas yang penuh kehormatan ini.
Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di Lapangan Upacara MAN 1 Banyumas.
Dhea Khairan Widya Safitri kelas XII 6, selaku Provos Putri Paskibra Gardamas salah satu anggota PASKIBRA, mengungkapkan rasa lega dan puas setelah upacara berakhir. Ia merasa proses upacara berjalan lancar berkat keseriusan dan dedikasi tim Paskibra Gardamas dalam berlatih. “Kami merasa bangga karena semua persiapan dan latihan yang kami lakukan membuahkan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Upacara ini tidak hanya menjadi momen refleksi sejarah, tetapi juga simbol semangat untuk terus bergerak maju dalam pembangunan bangsa. (eko)