MA Negeri 1 Banyumas Gelar Tes Seleksi Beasiswa Prestasi untuk Kelas XI dan XII

Humas MAN 1 Banyumas, – Dalam rangka memberikan dukungan kepada peserta didik berprestasi di bidang akademik, MA Negeri 1 Banyumas mengadakan Tes Seleksi Beasiswa Prestasi untuk siswa kelas XI dan XII pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024 bertempat Lab. Komputer. Tes ini bertujuan untuk memberikan penghargaan berupa beasiswa yang mencakup pembebasan biaya SOP selama satu tahun pelajaran.

Untuk Tes Seleksi Beasiswa Prestasi tahun pelajaran ini diikuti oleh sebanyak 101 peserta didik yang terdiri dari 33 peserta didik kelas XI dan 68 peserta didik kelas XII. Para peserta ini diseleksi untuk memperebutkan kuota beasiswa, di mana akan dipilih 30 siswa terbaik dari kelas XII dan beasiswa untuk kelas XI akan diberikan berdasarkan nilai yang mencapai passing grade. Adapun materi yang diujikan terdiri dari mata pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan literasi numerasi.

Bangkit Tri Handoko, selaku Wakil Kepala Bidang Akademik MA Negeri 1 Banyumas, menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan tes, panitia telah merekap peringkat peserta didik berdasarkan nilai rapor. Peringkat ini diambil dari tiga besar nilai rapor pada waktu kelas XI. Sementara itu, seleksi beasiswa untuk kelas XI didasarkan pada nominasi kelas prestasi yang telah diraih sebelum kenaikan kelas.

H. Jahroni, M.Pd.I., selaku Kepala MA Negeri 1 Banyumas, menyatakan harapannya agar tes seleksi ini dapat mendorong semangat berprestasi para siswa. “Kami berharap program beasiswa ini tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga memotivasi siswa untuk terus berkarya dan meraih prestasi lebih tinggi. Dengan adanya beasiswa ini, kami ingin memastikan bahwa setiap siswa berprestasi dapat terus fokus pada studi mereka,” ungkap Jahroni.

Seleksi beasiswa ini merupakan salah satu upaya MA Negeri 1 Banyumas untuk mendukung dan menghargai pencapaian akademik siswa, serta mendorong mereka untuk terus berusaha mencapai prestasi yang lebih baik di masa depan. (eko)