MAN 1 Banyumas Sebagai Tilok Pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten 2024

Humas MAN 1 Banyumas, – Seperti tahun-tahun sebelumnya, MAN 1 Banyumas kembali dipercaya oleh KANKEMENAG Banyumas untuk menjadi salah satu titik lokasi pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten. Kegiatan ini digelar selama 3 hari, tanggal 1-3 Juli 2024 dengan menempati 4 ruang laboratorium komputer.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Kompetisi Sains Madrasah 2024 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Jahroni, M.Pd.I. selaku kepala MAN 1 Banyumas menjelas kan Kegiatan KSM yang bertempat di MAN 1 Banyu mas ini diikuti oleh 372 peserta. Dengan rincian siswa MI/SD berjumlah 183 siswa, MTS/SMP berjumlah 189. “Sebelum pelaksanaan KSM ini, kami telah mengecek semua sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan KSM kali ini, sehingga para peserta akan merasa nyaman, lancar dan tidak ada kendala dalam mengerjakan soal KSM.”tambahnya.

Sememtara itu, Sulis Marsudi, S.Pd. selaku Waka Akademik mengatakan, “Untuk KSM kali ini MAN 1 MAN 1 Banyumas, mendelegasikan 9 peserta didik. Dengan rincian, 6 peserta didik individu pada mapel mate-matika, biologi, fisika, kimia, ekonomi dan geografi, dan 3 peserta didik secara beregu 1 Tim.”

“Kita sudah mempersiapkan dengan latihan sebulan sebelum nya, dengan pem bimbingan mandiri oleh Pembina Ekstra Olimpiade. Harapannya para duta delegasi KSM dari MAN 1 Banyumas tahun ini semua mapel (individu dan beregunya) mendapat Juara dan mewakili Kabupaten Banyumas maju kekancah Provinsi Jateng, hingga Nasional.” tutupnya. (eko)